SOP ( Standart Operating Prosedure )


Assalamualaikum wr.wb 
ok kal ini saya akan berbagi pengetahuaan tentang SOP.Apa sih SOP itu?Apa manfaatnya?dan apa fungsinya?Yuk kita belajar itu semua.

A.PENGERTIAN SOP

 Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksikerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unitkerja yang bersangkutan.

B.Latar Belakang
    belajar memahami tentang SOP

C.Maksud dan Tujuan
   Dapat memahami dan melaksaankan SOP dalam kegiatan sehari-hari.

D.Manfaat Standar Operasional Prosedur 
  • sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
  • Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan
  • organisasi secara keseluruhan.
  • Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  • Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
  • Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan
  • memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  • Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
  • Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
  • Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
  • Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
E.Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP)
  • Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  • Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
  • Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
  • Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya. 
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan,duplikasi, dan inefisiensi.
F.Fungsi Standarad Operating Prosedure 
  • Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja. 
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan. 
  • Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilaca
  • Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama  disiplin dala bekerja. 
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.


G.Kesimpulan
Melalui SOP kita dapat berlatih tentang tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan.
 
sekian dulu postingan kali ini.
wassalamualaikum wr.wb
adalah suatu rangkaian metode yang telah menjadi pola tetap dalam melakukan suatu pekerjaan yang merupakan suatu kebulatan

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8
suatu rangkaian metode yang telah menjadi pola tetap dalam melakukan suatu pekerjaan yang merupakan suatu kebulatan.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
suatu rangkaian metode yang telah menjadi pola tetap dalam melakukan suatu pekerjaan yang merupakan suatu kebulatan.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
Previous
Next Post »
Thanks for your comment