Manajemen Proyek



Assallamualaikum wr.wb
Pad kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang apa sih Manajement proyek itu? Lalu apa fungsi  dari manajement proyek tersebut.
Yuk kita simak !!!


A.PENGERTIAN
        Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan,pengorganisasian,pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek. Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik,dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah. Proyek selalu bersifat sementara atau temporer dan sangat kontras dengan bisnis pada umumnya (Operasi-Produksi),dimana Operasi-Produksi mempunyai sifat perulangan (repetitif), dan aktifitasnya biasanya bersifat permanen atau mungkin semi permanen untuk menghasilkan produk atau layanan (jasa/servis). Pada prakteknya, tipe manajemen pada kedua sistem ini sering berbeda, dengan kemampuan teknis dan keputusan manajemen strategis yang spesifik.

B.LATAR BELAKANG
        Dalam melaksanakan sebuah proyek,kita memerlukan sebuah perencanan untuk dapat mencapai tujuan dari proyek tersebut dan sering dikenal dengan manajement proyek yang terdiri dari POAC (Planing,Organizing,Actuanting,and Controling)

C.MAKSUD DAN TUJUAN.
         Melalui Menejemen proyek ini kita dapat melaksannakan proyek sesuai dengan perencanaan.

D.PEMBAHASAN
         Prinsip Umum Manajemen Proyek
George  R.  Terry  telah  merumuskan  fungsi
fungsi  tersebut  sebagai POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling) :
  • Planning (Perencanaan)
  • Organizing  (Pengorganisasian)
  • Actuating (Penggerakan)
  • Controling (Pengendalian)
Berikut adalah penjelasan nya :
1.Planning (Perencanaan)
       adalah proses yang secara sistematis mempersiapkan  kegiatan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu.  Pada proses ini kita harus memperhatikan juga hal-hal sebagai berikut: 
  • Permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia.
  • Cara untuk mencapai tujuan dan sasaran dengan mempraktikkan sumber daya yang tersedia.
  • Penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan yang kongkrit.
  • Penetapan jangka waktu yang  jelas.  
2. Organizing (Pengorganisasian)
       Organizing (pengorganisasian kerja) dimaksudkan sebagai pengaturan atas suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, dipimpin oleh pimpinan kelompok dalam suatu wadah  organisasi. Wadah organisasi ini menggambarkan hubungan-hubungan struktural dan fungsional  yang diperlukan untuk menyalurkan tanggung jawab, sumber daya maupun data.
Berikut adalah fungsi dari organisasi :
  • menjamin terpeliharanya koordinasi dengan baik.
  • membantu pimpinannya dalam menggerakkan fungsi-fungsi manajemen. 
  • mempersatukan pemikiran dari satuan organisasi yang lebih kecil yang berada di dalam kordinasinya.
3.Actuating (Pergerakan/pelaksanaan)
       Actuating dalam  fungsi manajemen dimaksudkan  untuk menggerakkan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan di dalam planning tadi.
       Berikut ini beberapa metoda mensukseskan “actuating” yang dikemukakan oleh George R. Terry, yaitu:

  • Hargailah seseorang apapun tugasnya sehingga ia merasa keberadaannya di dalam kelompok atau organisasi menjadi penting.
  • perlu adanya pedoman kerja yang jelas  
  • Lakukan praktek partisipasi dalam manajemen guna menjalin kebersamaan
    dalam penyelenggaraan manajemen, hingga setiap pegawai dapat  difungsikan sepenuhnya sebagai bagian dari organisasi.
  • Pimpinan perlu menjadi pendengar yang baik, agar dapat memahami dengan benar apa yang melatarbelakangi keluhan pegawai, sehingga dapat  dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan sesuatu keputusan.
4.Controling (Pengendalian)
       Controlling diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana.Sehingga, tahap-tahap pencapaian sasaran sebagaimana  direncanakan dapat dipenuhi.

E.KESIMPULAN
       Dalam pelaksanaan suatu pekerjaan/proyek,kita harus menerapkan manajement proyek agar pekerjaan sesuai dengan perencanaan dan hasil yang diharapkan.


Sekian,semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb
Previous
Next Post »
Thanks for your comment